Rabu, 24 Desember 2008

Peran Media dan Krisis Global

Dear All

Guys, kalian semua pasti udah pada sering baca pemberitaan financial crisis dan impactnya terhadap perekonomian Indonesia. Menurut kalian semua, pemberitaan di media akan membantu or justru meneggelamkan Indonesia dalam posisi yang semakin sulit??

Let see.....

Media berfungsi sebagai sarana informasi kepada publik secara luas. Dalam konteks financial crisis saat ini media nampaknya juga berusaha berjalan untuk memediasi apa yang terjadi dan menjadi gejolak ekonomi dan menyampaikannya kepada masyarakat secara luas. Tapi, menurut saya porsi pemberitaan negatif terhadap kemungkinan Indonesia kedepan dalam menghadapi krisis ini justru akan membuat posisi negara ini semakin sulit. Bayangkan, hampir setiap hari selalu terdapat politisi, pengamat ekonomi, dll yang mengungkapkan argumennya (positif dan negatif) tentang krisis saat ini. Saya melihat tidak semua pengamat tersebut mengatakan sesuatu yang benar dan hanya melihat dari satu perspektif saja. Sebagai contoh, saya pernah melihat pemberitaan di media bahwa terdapat pengamat ekonomi yang menyatakan bahwa kurs rupiah akan terdepresiasi hingga menuju pada nilai seperti krisis 1998. Kenyataannya, kurs kita memang terdepresiasi, namun setidaknya hingga saat ini depresiasi tersebut tidak sampai pada nilai pada tahun 1998. Depresiasi tersebut memang wajar karena ada sejumlah investor yang menarik dana mereka di Indonesia untuk menutupi kesulitan likuiditas di negara mereka. Jika para investor melihat dan percaya terhadap berita yang dikemukakan pengamat ekonomi tersebut, maka akan semakin banyak saja investor yang pergi dari Indonesia dan tentu anda semua tahu imbasnya bagi negara kita, kurs kita justru akan terdepresiasi lebih dalam. Investor selalu cepat merespon berita negatif dan hal ini akan membuat mereka berusaha mengalihkan investasi mereka ketempat yang aman.

Menurut saya media seharusnya justru menjadi salah satu komponen yang turut serta dalam membangun perekonomian bangsa ini. Pemberitaan yang mereka tampilkan harusnya tetap proporsional antara berita negatif dan positif. Media jangan hanya mementingkan oplah penjualan mereka saja tanpa memikirkan dampak pemberitaan tersebut secara luas. So, menurut saya pemberitaan di media akan memegang peranan penting di Indonesia. Pertanyaan selanjutnya ialah, menurut anda apakah media di Indonesia saat ini memang benar2 hanya tertarik untuk memberitakan sesuatu yang buruk saja?

Tidak ada komentar: